Gerindra Tunjuk Siti Zuhro Jadi Tim Pencarian Wagub DKI

Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro. (MI/Susanto)

Jakarta: Partai Gerindra menggandeng tenaga ahli sebagai salah satu tim uji kelayakan dan kepatutan untuk mencari wakil gubernur DKI Jakarta. Ia adalah Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro.

Zuhro bersama Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Syarif akan menjadi perwakilan Gerindra di tim tersebut. Syarif menyampaikan, alasan Gerindra memiliki Zuhro karena sosoknya yang profesional dan independensi.

“Selain saya, Profesor Siti Zuhro, peneliti senior LIPI. Dia memiliki keahlian untuk menyeleksi” kata Syarif ketika dihubungi, Kamis, 15 November 2018.

Zuhro dinilai mampu menilai secara imbang. Menurut, pendapat pakar bisa dijadikan tolok ukur kepatutan dan kelayakan untuk mendapatkan wagub DKI. 

“Kalau saya ditempatkan di partai tugasnya akan seleksi secara politik. Itu saja tidak cukup, pakar harus diundang bagaimana pun kita enggak punya ukuran-ukuran. Kalau ahli kan bisa,” jelas dia.

Saat dikonfirmasi, Zuhro mengaku belum mengetahui perihal penunjukan tersebut. Namun ia tak menampik bila dirinya sering menjadi panitia seleksi untuk pejabat eselon 1 dan 2 di kementerian dan lembaga.

“Saya belum dapat surat dari Gerindra. Tunggu suratnya dulu baru saya terangkan ya,” jawab dia.

Selain Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera juga memiliki hak mengajukan dua anggota untuk menjadi tim uji kelayakan dan kepatutan Wagub DKI. Namun, hingga kini, PKS belum memutuskan siapa yang akan menjadi tim seleksi pencarian Wagub DKI.

(LDS)