Warga Minta Sodetan Kali Pesanggrahan Dikeruk

kondisi sodetan kali Pesanggrahan di RW 05 Kedoya Selatan, Jakarta Barat. Foto: Medcom.id/Nur Azizah

Jakarta: Warga RW 05, Kedoya Selatan, Jakarta Barat, meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeruk sodetan Kali Pesanggrahan. Pasalnya, sodetan tersebut memiliki endapan tanah yang sangat tebal.
 
Ketua RW 05 Sumardi Ramlan mengatakan di beberapa sisi endapan sudah membentuk pulau. Hal ini menyebabkan aliran air terhalang.
 
“Saya jadi RW sudah lama sekali, tapi baru sekali dikeruk,” kata Ramlan kepada Medcom.id, Jakarta Pusat, Sabtu, 13 Oktober 2018.
 
Sodetan terakhir kali dikeruk dua tahun lalu saat kepemimpinan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama. Setelah itu, tak ada lagi pengerukan. “Tiap tahun saat musrembang kami sudah minta. Tapi sampai sekarang enggak ada,” ujarnya.

Baca: DPRD DKI Desak Anies Normalisasi Sungai

Dia mengungkapkan, Dinas Sumber Daya Air sempat ingin melakukan pengerukanpada 2017, namun niat itu urung dilakukan. Pembatalan itu terjadi setelah Ahok cuti dari jabatannya.
 
“Waktu itu kita mengajukan lagi tapi enggak jadi dikeruk, itu terjadi saat Ahok cuti. Kita mohon ini dikeruk. Kalau dikeruk mungkin banjir hanya lewat saja,” katanya.
 
RW 05 Kedoya Selatan menjadi salah satu permukiman langganan banjir. Sebab, wilayah itu berdekatan dengan Kali Pesanggrahan dan Kali Cengkareng Drain.

(FZN)