Warga Bisa Minta Disponsori Pemprov seperti Ratna

Ratna Sarumpaet (tengah). Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.

Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menilai tak ada yang salah dengan pemberian dana sponsor kepada seniman Ratna Sarumpaet. Masyarakat bisa mengajukan hal yang sama kepada Pemprov DKI.

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri DKI Jakarta Muhammad Mawardi mengatakan individu atau kelompok bisa mengajukan dana sponsor perjalanan luar negeri kepada Pemprov. Syaratnya, perjalanan itu harus mewakili DKI.

“Nanti kita lihat apa dia bermanfaat untuk DKI atau mewakili DKI. Nanti dari sana Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) mengkaji untuk promosi budaya,” kata Mawardi saat dihubungi, Jakarta, Jumat, 5 Oktober 2018.

Untuk mengajukan dana sponsor, individu atau kelompok bisa berkoordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait. Kemudian, mereka harus mengajukan surat permohonan dana sponsor kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Biasanya berkoordinasi dengan SKPD di bidangnya, misal soal budaya ya ke Disparbud. Nanti orang yang bersangkutan berkirim surat ke Pak Gubernur, nanti Pak Gubernur disposisi ke SKPD yang membidangi,” terang dia.

Baca: Ada Desain Besar di Balik Kebohongan Ratna

Jika disetujui, SKPD akan merekomendasikan pemberian dana sponsor kepada Biro Administrasi Sekretariat Daerah (ASD) DKI. Besaran dana sponsor ditentukan dalam Keputusan Gubernur Nomor 1066 Tahun 2018 tentang Standar Biaya Perjalanan Dinas Dalam dan Luar Negeri.

Sementara itu, Ratna Sarumpaet mendapatkan dana sponsor Rp70 juta untuk menghadiri acara The 11th Women Playwrights International (WPI) Conference 2018 di Santiago, Chili. Dana itu cair setelah Anies menyetujuinya pada Februari 2017 lalu.

Namun, Ratna batal berangkat. Pasalnya, dia ditangkap polisi di Bandara Soekarno Hatta saat hendak menaiki pesawat. Dia terjerat kasus cerita bohong soal penganiayaan yang dikarangnya.

(OGI)