Warga Rusun Penjaringan Minta Dipindah ke Kemayoran

Rusun Penjaringan. Foto: Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.

Jakarta: Rumah Susun (Rusun) Penjaringan, Jakarta Utara, akan direvitalisasi. Warga pun meminta direlokasi ke Rusun Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Kalau relokasi di satu tempat di Kemayoran atau dekat situ ya saya setuju,” kata Sukatman, 51, seorang warga, kepada Medcom.id, di Rusun Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis, 4 Oktober 2018.

Menurut dia, warga ingin dipindah ke Kemayoran karena tak akses tak terlalu jauh. “Kalau relokasi yang begitu oke, warga siap untuk direvitalisasi,” imbuh dia.

Warga lain, Agus, 33, menegaskan pihaknya menolak revitalisasi bila relokasi tidak di Kemayoran. Dia menganggap biaya sewa tidak akan mahal jika ditempatkan di Rusun Kemayoran. 

Baca: Penghuni Rusunawa Penjaringan Menolak Direlokasi

Dia ragu warga yang mayoritas berpendapatan rendah mampu membayar sewa bila harus mengontrak. “Satu tahun bisa sampai Rp2 juta per bulan Rp1,2 juta juga ada, sedangkan kemampuan kita itu 200 ribu sudah sama listrik.”

Sementara itu, Munawaroh, 46, hanya berharap yang terbaik bagi dirinya dan warga 10 Blok di Rusun Penjaringan. Dia tak banyak menuntut.

Berdasarkan pantauan Medcom.id, Rusun Penjaringan terlihat rusak cukup parah. Tidak sedikit anak tangga yang telah rapuh, lantai rumah yang tidak rata, dan area jalan sekitar Rusun yang semakin tidak nyaman dilalui.

(OGI)