Dua CCTV e-Tilang Sudah Dipasang

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Yusuf – Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.

Jakarta: Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Yusuf memastikan sistem e-Tilang segera diuji coba. Dua kamera pengintai untuk menilang secara elektrik atau Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) sudah dipasang.

“Dua alat kamera sudah dipasang. Kemudian lagi dikoneksikan dengan back office. Mudah-mudahan besok sudah selesai dan kita coba,” kata Yusuf di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 24 September 2018. 

Yusuf memastikan, uji coba sistem e-Tilang dapat dilakukan pada Oktober 2018. Uji coba dilakukan untuk melihat pelanggar lalu lintas dan proses pendistribusiannya. 

“Selama uji coba enggak ada penindakan,” tutur dia.

Dia menyebut uji coba pertama dilakukan di Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat. “Nanti di situ ada pos jaganya,” ujar Yusuf.

(Baca juga: Mulai Oktober, Nomor Ponsel dan Email Wajib Dicantumkan di BPKB)

Kamera e-TLE diimpor dari China. Nantinya, kamera CCTV e-Tilang itu akan bekerja dengan memotret gambar. Gambar yang terekam langsung terkoneksi ke Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya. 

“Kemudian konfirmasi pada mobil-mobil sesuai data. Kalau memang betul dia yang pakai, nanti ditilang,” tutur dia. 

Namun, Yusuf mengaku hanya kendaraan dengan nomor polisi Jakarta (B) saja yang bisa terekam oleh e-Tilang. Nomor polisi di luar Jakarta belum terkoneksi. 

(REN)