Anies Baswedan Geram Aksi Vandalisme Terhadap MRT

Depok: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan geram terhadap vandalisme dengan mencoret-coret gerbong Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta di Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat, 21 September 2018.

Anies menuturkan kejadian tersebut menjadi sebuah peringatan bagi pihak Depo untuk meningkatkan keamanan secara khusus ditambah lagi MRT merupakan alat transportasi yang memiliki nilai strategis.

“Kejadian di MRT menjadi peringatan bahwa keamanan harus ditingkatkan,” kata Anies saat ditemui di Universitas Indonesia, Kota Depok, 22 Setpember 2018.

Baca: MRT Jakarta Usut Pelaku Vandalisme

Menurutnya, kewenangan kereta – kereta di Depo yang berlokasi di Jalan Lebak Bulus, Jakarta Selatan merupakan kewenangan dari kontraktor karena belum diresmikan.

“Semua kereta yang di depo itu belum dikelola MRT itu semua di tangan kontraktor yang menyelenggarakan sehingga pengamanan bukan dari Pemprov atau MRT tapi kontraktor,” bebernya.


Coretan mural atau grafiti di kereta rangkaian tiga dan delapan. Foto: Dokumen MRT

Anies berharap aksi tersebut tak terulang kembali. Apalagi pembelian MRT merupakan dana yang digelontorkan cukup besar dan berasal dari pajak masyarakat.

“Bagi seluruh warga kalau melihat MRT, LRT, Trans Jakarta itu dibeli oleh uang pajak jadi milik kita bersama jadi mari kita jaga sama – sama,” ujarnya.

Baca: Pascaaksi Vandalisme, PT MRT Perketat Keamanan Depo Lebak Bulus

Selanjutnya, Anis berpesan kepada masyarakat bila melihat ada tindakan – tindakan tidak terpuji seperti pengrusakan kereta, maupun alat transportasi lainnya agar segera melapor.

“Jangan diam saja, kejahatan sering terjadi karena orang baik itu selalu diam melihat tapi diam tidak berbuat apa – apa,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Belum resmi digunakan, kereta MRT yang ditunggu-tunggu warga Jakarta justru menjadi korban vandalistis. Coretan besar terdapat pada badan luar kereta nomor tiga di rangkaian kereta ke delapan (K1 1 18 45) MRT Jakarta.

Menurut Corsec MRT Tubagus Hikmatuah, tim keamanan dari Kontraktor yang berada di Depo Lebak Bulus menemukan kondisi kereta dicoret ketika sedang melaksanakan patroli rutin pada Jumat pagi tadi sekitar pukul 07.30 WIB.

(ALB)